About Me

Foto Saya
Defira Ayu Widya Mustika
Lihat profil lengkapku

Minggu, 06 Mei 2012

Tunisia sebagai saudara Indonesia


Profil Singkat Tunisia


Bendera Tunisia
 
Tunisia terletak di bagian utara benua Afrika. Di sebelah utara dan timur berbatasan dengan Laut Mediterania, di sebelah selatan dan tenggara berbatasan dengan Libya, dan di sebelah barat berbatasan dengan Aljazair.

Tunisia berjarak 137 km dari Sicilia, Italia. Cukup waktu 45 menit penerbangan dari Roma dan 2 jam dari Paris.

Kendati luas wilayahnya hanya 164.150 km2, Tunisia menawarkan pemandangan indah, yang akan memanjakan mata para pengunjungnya. Pesona alam yang indah itu bisa dilihat pada 1.298 km garis pantai yang terbentang di sebelah barat serta daerah pegunungan di sepanjang perbatasan Aljazair. Daratan tertingginya adalah Gunung Chaambi (1.544 meter di atas permukaan laut).

Di sebelah selatan, ada chott dan oase. Perkebunan zaitun menghampar di hampir seluruh permukaan negeri. Selain itu, situs-situs arkeologi, masjid-masjid bersejarah, serta pasar-pasar tradisional bernuansa Arab pertengahan juga menjadi daya tarik Tunisia lainnya.

Tunisia termasuk negeri yang memiliki empat musim, dengan perbedaan iklim yang cukup mencolok antara daerah bagian utara dan daerah bagian selatan. Suhu udara rata-rata berkisar antara 7-10°C pada musim dingin (di daerah bagian barat dan di kawasan pegunungan mencapai -5°C), dan 25-40°C pada musim panas (di beberapa tempat di selatan Tunisia mencapai 45°C. Cuaca akan terasa lebih panas lagi saat angin gurun bertiup dari arah selatan, hingga dapat melewati 50°C. Musim semi dan musim gugur adalah musim yang menyenangkan di Tunisia, dengan suhu udara yang hangat dan cuaca yang indah.

Tunisia termasuk negara yang makmur. Rata-rata- pendapatan perkapita di Tunisia pada tahun 2005 mencapai DT 3.501. Meski tidak kaya akan sumber daya alam, namun tunisia dapat mengandalkan sumber daya manusia dan budaya kerja masyarakatnya. Strategi jangka panjang pembangunan di Tunisia memberikan perhatian yang sangat besar terhadap sektor pendidikan.  juga merupakan strategi jangka panjang. Budget pendidikan Tunisia yang sebesar 26,2% dari APBN merupakan yang terbesar dibanding negara-negara Arab maupun Afrika lainnya.



Kependudukan, Kesejahteraan dan Solidaritas Sosial

Jumlah penduduk Tunisia pada tahun 2005 adalah 11 juta jiwa, dengan tingkat pertumbuhan penduduk 1,08%. Pada tahun 2030 diperkirakan akan menurun hingga di bawah 1%. Ini adalah dampak dari adanya peningkatan taraf hidup serta membaiknya tingkat pendidikan, di samping semakin membaiknya pelayanan kesehatan. Faktor penting lainnya adalah keberhasilan pemerintah dalam menerapkan program KB. Pada tahun 2004, tingkat angka kelahiran mencapai 16,8 per 1000 penduduk, sedangkan tingkat kematian mencapai 6,0 per 1000 penduduk. Tingkat harapan hidup juga meningkat menjadi 73,5 tahun, dibandingkan dengan72.1 tahun pada tahun 1999.

Adanya kemajuan di bidang pelayanan kesehatan juga diiringi dengan peningkatan pengeluaran untuk keperluan kesehatan. Pengeluaran untuk keperluan kesehatan di Tunisia cukup tinggi, sekitar 5% dari penghasilan nasional (GDP). Sampai tahun 2005, seorang dokter melayani sekitar 1.500 orang dan seorang perawat untuk 350 orang. Vaksinasi effektif lebih dari 90%.

Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2004 mencapai hampir 6 %, atau melebihi standar target, yakni 5,5%. Sedangkan pada tahun 2005 juga di atas 5,5%. Selain iut, inflasi berhasil ditekan pada tingkat yang cukup rendah, sekitar 4%. Inflasi pada 11 bulan pertama tahun 2005 mencapai 1,7%, lebih kecil dari yang dicapai pada periode yang sama tahun sebe­lumnya yaitu 4,1%. Tekanan inflasi disangga dengan kebijakan moneter yang amat ketat dengan diiringi usaha keras ditingkat produsen untuk tetap menekan harga. Tujuan utama usaha menekan harga tersebut sebenarnya adalah untuk menghadapi persaingan terhadap barang impor.

Tenaga kerja di Tunisia berjumlah kira-kira 2,2 juta orang. Dari jumlah tersebut, 33% bekerja disektor pertanian, 25% disektor industri dan 42% disektor jasa (termasuk di pemerintahan). Pengangguran yang mencapai tingkat lebih dari 15%, tetap menjadikan keprihatinan pemerintah. Lebih dari setengah dari mereka yang tidak bekerja berada pada usia dibawah 25 tahun.

Pemerintah menetapkan dua jenis upah minimum. Yang pertama menyangkut upah minimum di sektor pertanian (salaire minimum agricole garanti/SMAG). Yang kedua adalah upah minimum disektor industri (salaire minimum interprofessionel garanti/SMIG). SMAG ditetapkan sebesar DT 5.8 sehari. SMIG dengan 48 jam/minggu ditetapkan sebesar DT 186.9 sebulan.

Gambaran umum tentang kondisi kesejahteraan di Tunisia juga dapat dilihat dari keberhasilan pemerintah dalam memperkecil jumlah angka kemiskinan dari 22% pada 1980 menjadi 6,2% pada 1997 dan sekitar 4,2% tahun 2004.

Berdasarkan laporan Intitut Statistik Nasional Tunisia, rata-rata- pendapatan perkapita pada tahun 2005 mencapai DT 3.501 (tahun 2005). Angka ini merupakan yang tertinggi ketiga di Afrika.

Sampai April 2004, indeks pemilikan rumah mencapai 80%, fasilitas listrik 99,2%, saluran air siap minum 84,1%, akses fasilitas sanitasi 79,7%, pemilikan mobil 21%, telepon rumah 35,6% dan televisi 90,2%.

Menurut perhitungan pemerintah, 80% warga Tunisia termasuk ’’kelas menengah’’. Pemerintah Tunisia berusaha keras untuk mengurangi kemiskinan. Tingkat kemiskinan (absolute poverty) pada tahun 2005 adalah 4,2%.

Pada tahun 1992, pemerintah mendirikan sebuah lembaga yang khusus bergerak di bidang pemerataan kesejahteraan, yakni Le Fond National de Solidarité Sociale (Dana Solidaritas Sosial Nasional). Dalam periode sepuluh tahun pertama lembaga ini telah berkiprah di 1340 wilayah dan telah membantu lebih dari 220.000 keluarga (11% dari jumlah seluruh keluarga Tunisia).


 "Perlu diketahui, Tunisia memiliki 4 Bahasa,
dengan bahasa utamanya bahasa Arab, kedua prancis, ketiga Inggris, dan keempat Indonesia"


0 komentar:

Total Visitor




Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Followers

 
Copyright© 2012 My Document For Us | Template Blogger Designer by : Dedef' |
Template Name | A7x Transparent : Version 1.0 | Ms Lovegood