About Me

Foto Saya
Defira Ayu Widya Mustika
Lihat profil lengkapku

Senin, 28 Mei 2012

PR TIK Borland C++

1. Apakah yang dimaksud dengan algoritma ?
Pengertiannya yaitu hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa.
Definisi Algoritma :
1. Langkah-langkah yg dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.
2. Suatu prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi
3. Suatu motode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata
2     Apakah yang dimaksud dengan pesuade code ?
Pseudocode adalah deskripsi dari algoritma pemrograman computer yang menggunakan struktur sederhana dari beberapa bahasa pemograman tetapi bahasa tersebut hanya ditujukan agar dapat dibaca manusia. Biasanya yang ditulis dari pseudocode adalah variabel dan fungsi. Tujuan penggunaan utama dari pseudocod e adalah untuk memudahkan manusia dalam memahami prinsip-prinsip dari suatu algoritma.

3.Objek orientit programming (OOP) di c++ bertujuan untuk ?
membantu membuat dan mengelola program yang besar dan kompleks. 

4.Kegunaan IDE (Intergrtit development enviroment) dari borland c++ adalah?
-Menulis Naskah Program.
-Mengkompilasi Program ( Compile )
-Melakukan Pengujian Program ( Debugging )
-Mengaitkan Object dan Library ke Program ( Linking )
-Menjalankan Program ( Running )

5.Sebutkan tiga cara menyimpan file editor di borland c++!
Save, save as, save all

6.Jelaskan ketentuan ketentuan dalam pemberian nama variable !
1.     Tidak boleh ada sepasi ( cth : gaji bersih ) dan dapat menggunakan tanda garis bawah ( _ ) sebagai penghubung (cth : gaji_bersih).
2.     Tidak boleh diawali oleh angka dan menggunakan operator aritmatika

7.Sebutkan dan jelaskan mengenai :
 a. Jenis jenis file header.
a.  yang merupakan singkatan dari "standard input / output header", adalah header yang berisi definisi makro, konstanta, dan deklarasi fungsi dan jenis yang digunakan untuk berbagai standard input dan output operasi 
b.  adalah header file yang digunakan untuk membuat teks antarmuka pengguna
c. adalah file header yang mendefinisikan makro menegaskan C preprocessor
d.  adalah file header yang mendefinisikan fungsi untuk aritmatika kompleks
e.  adalah header untuk deklarasi yang  berfungsi mengklasifikasi karakter
f.  adalah file header yang berfungsi melaporkan kondisi kesalahan melalui kode kesalahan.
g.  adalah file header yang mengandung berbagai fungsi dan macro untuk memanipulasi lingkungan floating-point
h.  adalah header  yang berfungsi memperluas ke berbagai limit dan parameter dari jenis floating-point standar
i.  file header berfungsi mendefinisikan beberapa macro untuk digunakan dengan fungsi printf dan scanf, serta fungsi untuk bekerja dengan jenis intmax_t.
j.  adalah header yang  mendefinisikan beberapa macro yang memungkinkan programmer untuk menggunakan C bitwise bahasa dan operator logika, yang, tanpa file header, tidak bisa cepat atau mudah diketik pada beberapa keyboard non-QWERTY internasional dan.
k. adalah file header dari perpustakaan standar bahasa pemrograman C yang mencakup definisi karakteristik dari jenis variabel umum
l.  adalah pemrograman bahasa C file header, digunakan untuk tujuan lokalisasi
m.  berisi prototype fungsi untuk pustaka matematika 
n.  berisi prototype fungsi untuk pemrosesan string 

    b. Perintah masukan.
1. scanf()

Penjelasan               Fungsi scanf() digunakan untuk memasukkan berbagai jenis data. Bentuk Umum dari fungsi ini adalah :



scanf("penentu format", &nama-variabel);






Keterangan               simbol & merupakan pointer yang digunakan untuk menunjuk kealamat variabel memori yang dituju.

Tabel 2.7. Penentu Format scanf()

TIPE DATA
Penentu Format Untuk scanf()
Integer
%d
Floating Point

Bentuk Desimal
%e atau %f
Bentuk Berpangkat
%e atau %f
Double Precision
%lf
Character
%c
String
%s
Unsigned Integer
%u
Long Integer
%ld
Long Unsigned Integer
%lu
Unsigned Hexadecimal Integer
%x
Unsigned Octal Integer
%o

Contoh-1                 # include
# include
main()
{
  int a, b, c = 0 ;
  clrscr();
  printf("Masukan Nilai A = "); scanf("%d",&a);
  printf("Masukan Nilai B = "); scanf("%d",&b);

  c = a + b;
  printf("Hasil Penjumlahan = %d",c);
}
2. gets()

Penjelasan               Fungsi gets() digunakan untuk memasukkan data string. Bentuk Umum dari fungsi ini adalah :



gets(nama-variabel-array);






Perbedaan antara scanf() dengan gets() adalah :

Tabel 2.8. Perbedaan scanf() dengan gets()

scanf()
gets()
Tidak dapat menerima string yang mengandung spasi atau tab dan dianggap sebagai data terpisah
Dapat menerima string yang mengandung spasi atau tab dan masing dianggap sebagai satu kesatuan data.


Contoh-2                   # include
# include

main()
{
  char nm1[20];
  char nm2[20];

  clrscr();

  puts("Masukan nama ke - 1 = ");
  gets(nm1);
  printf("Masukan nama ke - 2 = ");
  scanf("%s",&nm2);

  printf("\n\n");

  puts("Senang Berkenalan Dengan Anda ..");
  puts(nm1);
  printf("Senang Berkenalan Dangan Anda ..%s", nm1);
  puts("Senang Berkenalan Dangan Anda ..");
  puts(nm1);

  printf("\n\n");

  puts("Senang Berkenalan Dangan Anda ..");
  puts(nm2);
  printf("Senang Berkenalan Dangan Anda ..%s", nm2);
}




3. cin ()

Penjelasan               Fungsi cin() merupakan sebuah objeck didalam C++ digunakan untuk memasukkan suatu data. Untuk menggunakan fungsi cin() ini, harus menyertakan file header iostream.h .

Contoh-3                 # include
# include
# include

main()
{
   float a, b, c;
  
   clrscr();
   cout<<"Masukan Nilai A : ";
   cin>>a;
   cout<<"Masukan Nilai B : ";
   cin>>b;

   c = a + b;

   cout<<"Masukan Nilai C : "<
}

4. getch ()

Penjelasan               Fungsi getch() (get character and echo) dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan tidak akan ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan adalah conio.h.

Contoh-4                 # include
# include

main()
{
  char kar;

  clrscr();

  printf("Masukan Sebuah Karakter Bebas = ");
  kar = getch();
  printf("\nTadi Anda Memasukan karakter %c", kar);
  getch();
}

5. getche()

Penjelasan               Fungsi getche()dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan adalah conio.h.
Contoh-5                 # include
# include

main()
{
  char kar;

  clrscr();

  printf("Masukan Sebuah Karakter Bebas = ");
  kar = getche();
  printf("\nTadi Anda Memasukan karakter %c", kar);
  getch ();
}

Selain itu kedua fungsi ini dapat digunakan untuk menahan agar tidak langsung balik kembali kedalam listing program dan hasil dari program yang di eksekusi dapat dilihat tanpa menekan tombol ALT – F5. Karena fungsi getch() merupakan fungsi masukkan, jadi sebelum program keluar harus menginputkan satu buah karakter.



    c. Perintah keluaran !
Perintah Keluaran Pada C++
Perintah Output berfungsi untuk menampilkan sesuatu ke layar console program. Hal ini digunakan untuk menambah interaktifitas console program anda dengan user. Beberapa perintah output pada C :
  • printf
    fungsi output yang paling umum digunakan, terdapat dalam file header : stdio.h
    sintaks :


printf("[format]", [argumen 1], [argumen 2], ...);

Keterangan :

    • format berupa keterangan yang akan ditampilkan ke layar beserta penentu formatnya.
    • penentu format digunakan untuk menentukan jenis data apa yang akan ditampilkan ke layar.
    • arguman dapat berupa variabel, konstanta, atau ekspresi.

  • Puts
    Digunakan untuk mencetak string ke layar dimana pencetakan akan diakhiri dengan karakter new line (ke baris baru). Terdapat dalam file header : stdio.h
    sintaks :


puts([string yang ditampilkan]);

  • Putchar
    Menampilkan sebuah karakter ke layar, pencetakan karakter tidak diakhiri dengan karakter new line, terdapat dalam file header : stdio.h
    sintaks :


putchar([karakter]);

Sedangkan pada C++ :
  • Cout
    Digunakan untuk mencetak ke layar, terdapat pada header iostream.h, dengan nama std::cout. gunakan endl untuk ganti baris. sintaks :


cout<<[apa yang akan ditampilkan]<


     8.Sebutkan dan jelaskan operator borland c++
Operator adalah suatu simbol yang digunakan untuk suatu operasi tertentu.
Macam – macam operator :
1.      Operator Arithmatika.
Operasi
Operator
Perkalian
*
Pembagian
/
Pembagian Modulus (Sisa Pembagian)
%
Penjumlahan
+
Pengurangan
-

2.      Operator Unary.
Operator unary merupakan operator yang hanya menggunakan sebuah operand saja. Salah satunya adalah operator unary ++ dan --. Operator ++ akan menambah nilai numerik 1 ke pengenal yang
menggunakannya dan operator --akan mengurangi dengan nilai numerik 1 untuk pengenal yang menggunakannya.
Contoh   :    x = x + 1  dapat dituliskan sebagai x ++ atau ++ x
                     x = x - 1   dapat dituliskan sebagai x -- atau -- x
                     x = 5;   A = x++;              Hasil : x = 6 dan A = 5
                     x = 5;   A = ++x;              Hasil : x = 6 dan A = 6

1.      Operator Pengerjaan.
Digunakan untuk memindahkan nilai dari suatu ungkapan ke suatu pengenal.
Operator
Contoh
Ekuivalen dengan
=
A = B + C
Mengerjakan B + C Ke A
+ =
A + = 1
A = A + 1
- =
A - = B
A = A – B
* =
A * = B
A = A * B
/ =
A / = B
A = A / B
% =
A % = B
A = A % B

2.      Operator Hubungan.
Digunakan untuk menunjukkan hubungan antara dua buah operand.
Operator
Arti
Lebih Kecil Dari
< =
Lebih Kecil Atau Sama Dengan
Lebih Besar Dari
> =
Lebih Besar Atau Sama Dengan
==
Tidak Sama Dengan

3.      Operator Logika.
Digunakan untuk membandingkan logika hasil dari operator – operator hubungan. Operator logika membandingkan 2 buah nilai logika. Nilai logika adalah benar atau salah.
Operator
Arti
&&
Logika AND
||
Logika OR


9.Apakah yang dimaksud dengan fungsi manipulator ?

Selain itu juga ada Fungsi Manipulator yang digunakan untuk mengatur tampilan layar. Beberapa fungsi manipulator:
  • endl : suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk menyisipkan karakter NewLine atau mengatur pindah baris.
  • end : suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk menambah karakter null ( nilai ASCII NOL ) kederetan suatu karakter.
  • setw() : fungsi manipulator yang digunakan untuk mengatur lebar tampilan dilayar dari suatu nilai variabel.
  • setprecision() : suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk mengatur jumlah digit desimal yang ingin ditampilkan.
  • setiosflags() : fungsi manipulator yang digunakan untuk mengatur sejumlah format keluaran data.
10.Buat program untuk menyelesaikan kasus berikut ini :
                Output :
Daftar Nilai Siswa
Nama                    :
NIS                         :
Kelas                     :
Nilai quis 1           :
Nilai quis2            :
Nilai MID              :
Nilai UAS              :
Total Nilai            :
Rata rata Nilai    :

jawab:
#include
#include
#include

main()
{
 int a, b, c, d,z = 0;
 float e, f;
 clrscr () ; 
 char x [21];
 char kls [21];


 puts("Nama = ");gets(x);

 cout<<"Nis = ";cin>>z;

 puts("Kelas = ");gets(kls);

 cout<<"Nilai Quis 1: ";cin>>a;
 cout<<"Nilai Quis 2: ";cin>>b;
 cout<<"Nilai MID: ";cin>>c;
 cout<<"Nilai UAS: ";cin>>d;
 e = a + b + c + d ;
 f = ( a + b + c + d ) / 4;
 cout<<"Total Nilai: "<
 cout<<"\n Rata-rata Nilai : " <
 getch();
}

1 komentar:

Total Visitor




Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Followers

 
Copyright© 2012 My Document For Us | Template Blogger Designer by : Dedef' |
Template Name | A7x Transparent : Version 1.0 | Ms Lovegood