About Me

Foto Saya
Defira Ayu Widya Mustika
Lihat profil lengkapku

Selasa, 18 September 2012

rahasia inti dan panjang tongkat sihir


Siapa sih di antara penyihir Hogwarts yang tidak memiliki tongkat sihir? Tongkat sihir – dengan bentuknya yang sederhana, indah dan mudah dibawa- sudah dikenal di seluruh dunia sebagai alat untuk membuat segala hal mungkin terjadi. Tinggal ayunkan tongkat dan katakan mantra!- dalam sekejap kamarmu yang berantakan jadi rapi, piring makan yang kotor sudah bersih dicuci , dan kalau kamu mau malah bisa ada semangkuk penuh es krim yang datangnya entah darimana (klo di dunia harry potter sih ga bisa yang satu ini). Tapi dari pengalaman Harry Potter, menggunakan tongkat sihir tidak semudah yang kita bayangkan. Kita memerlukan keahlian dalam membaca mantra, dan pakai ilmu transfigurasi saat memakai tongkat sihir, ditambah keahlian memilih jenis kayu dan inti sesuai dengan karakter sihir. Tidak bisa sembarangan lho dalam memilih tongkat sihir. Tiap tongkat memiliki kekuatan yang berbeda tergantung dari jenis kayunya, dan hanya dapat bekerja dengan baik bila sesuai dengan karakter pemiliknya. Seperti kata Ollivander, penjual tongkat sihir di buku Harry Potter, “Let the wand choose its wizard.”
Setiap Tongkat sihir terdiri dari perpaduan : jenis kayu, inti, panjang, dan fleksibelitas.
Seperti yang dibilang di atas, tongkat sihir memiliki inti.Dalam Pottermore, kita juga akan memiliki tongkat sihir sesuai jawaban yang kita berikan ketika memasuki toko sihir ollivander dan membeli tongkatnya. Ollivander sendiri hanya menggunakan 3 jenis inti, yaitu bulu phoenix, rambut unicorn, dan serabut jantung naga. Kalau pembuat tongkat lainnya ada yang membuat dari rambut veela dan rambut threstal. Ayah Ollivander sendiri membuat tongkat dengan inti kumis Kneazel, rambut Kelpie, dan batang Dittany.
Uraian berikut adalah kekuatan dan sifat dari tiga inti tongkat utama yang digunakan oleh Mr Ollivander yang diambil dari catatan sendiri.



Pada awal karir saya, saya menyaksikan ayah saya yang juga pembuat tongkat bergelut dengan bahan inti baru seperti rambut kelpie, aku berambisi untuk menemukan inti tongkat terbaik dan hanya memakai inti-inti tersebut ketika saya yang mengambil alih bisnis keluarga. Hal ini saya lakukan. Setelah eksperimen banyak dan melakukan penelitian, saya menyimpulkan bahwa hanya tiga substansi yang akan memproduksi tongkat berkualitas : rambut unicorn, jantung naga dan bulu phoenix. Masing-masing bahan tersebut mahal dan langka dan juga memiliki sifat sendiri yang berbeda. Berikut ini merupakan ringkasan pendek dari penelitian saya ke masing-masing tiga inti tersebut. Pembaca harus ingat bahwa setiap tongkat sihir adalah gabungan dari kayunya, inti, pengalaman dan sifat pemiliknya, bahwa kecenderungan setiap tongkat saling mengimbangi atau mungkin memiliki kekuatan yang lebih besar daripada yang lain, sehingga ini  bisa menjadi gambaran yang sangat umum dari suatu subjek yang sangat kompleks.


Berikut ini keterangan mengenai tiap inti yang dipilih oleh Ollivander sebagai bahan usaha pembuatan tongkatnya :



RAMBUT UNICORN


Rambut unicorn umumnya menghasilkan keajaiban yang paling konsisten, dan setidaknya tergantung pada fluktuasi dan rintangan. Tongkat dengan inti unicorn umumnya yang paling sulit untuk beralih ke Ilmu Hitam. Mereka adalah yang paling setia dari semua tongkat, dan biasanya tetap sangat melekat pada pemilik pertama mereka, terlepas dari apakah pemiliknya adalah seorang penyihir yang dikalahkan.


Kerugian kecil dari rambut unicorn adalah bahwa mereka tidak menjadi tongkat yang paling kuat (meskipun tongkat kayu  sihir bisa membuatnya lebih kuat) dan bahwa mereka rentan terhadap kerusakan jika salah penanganan, yang berarti bahwa rambut unicorn dapat 'mati' dan perlu diganti.

Perlu dicatat bahwa tongkat Harry dengan bulu phoenix harganya 7 galleon. Horace Slughorn menyatakan bahwa rambut ekor unicorn bernilai 10 galleon per helai rambut. Ada kemungkinan bahwa tongkat sihir yang dibuat dengan rambut unicorn lebih mahal daripada yang dibuat dengan bulu phoenix. Tentu saja, ada kemungkinan bahwa dalam lima tahun antara waktu Harry membeli tongkat (harry potter 1) dan malam Slughorn membuat komentar bahwa pasar untuk bahan tongkat telah naik secara drastis (harry potter 6) (Kemungkinan besar karena penangkapan Ollivander oleh Pelahap Maut). Ini juga mungkin bahwa tongkat yang disubsidi oleh Kementerian Sihir untuk siswa, dan bahwa biaya sebenarnya dari tongkat Harry lebih besar dari 7 galleon yang dia bayar. Hal ini juga mungkin bahwa bahan inti tongkat Ollivander ia kumpulkan sendiri, karena ia hampir disruduk oleh unicorn yang memberikan inti dari tongkat Cedric Diggory.
(tau kan maksudnya disruduk apa? hhe)

Pemilik tongkat sihir yang diketahui memiliki inti rambut unicorn adalah Mary Cattermole, Cedric Diggory, Neville Longbottom, Draco Malfoy, Ron Weasley, dan Quirinus Quirrell


SERABUT JANTUNG NAGA




Jantung naga adalah salah satu organ dari seekor naga yang dapat digunakan dalam inti tongkat sihir. Tidak diketahui dari varietas naga mana serabut jantung naga dikumpulkan, dan apa efek perbedaan yang akan mempengaruhi kemampuan tongkat sihir. Karena hati menjadi organ vital pada makhluk tersebut, dapat diasumsikan bahwa bahan tersebut diambil setelah naga itu mati karena sebab alami atau dibunuh. Tidak diketahui pula patokan apa yang menjadi kualitas serabut jantung naga dapat dipakai sebagai inti tongkat sihir.

Sebagai suatu aturan, inti jantung naga menghasilkan tongkat dengan kekuatan yang paling kuat, dan yang mampu menghasilkan mantra yang paling indah dan menakjubkan. Tongkat dengan inti jantung  naga cenderung belajar lebih cepat dibandingkan jenis lainnya. Sementara mereka dapat beruubah kesetiaan jika seseorang menang dari pemilik asli mereka, mereka selalu memiliki ikatan kuat dengan pemilik yang baru.

Tongkat naga cenderung mudah untuk beralih ke Ilmu Hitam, meskipun ini tidak akan cenderung seperti itu dengan sendirinya. Selain itu, inti  ini juga yang paling rentan dari tiga inti lainnya untuk terjadi kecelakaan karena sifatnya yang agak temperamental.

Pemilik tongkat sihir yang diketahui memiliki inti serabut jantung naga adalah Hermione Granger, Viktor Krum, Bellatrix Lestrange, Lucius Malfoy, Peter Pettigrew, dan Minerva McGonagall


EKOR PHOENIX




Inti bulu phoenix berasal dari bulu burung phoenix yang lepas lalu dikumpulkan untuk dibuat inti tongkat sihir. Phoenix satu-satunya yang diketahui telah menyumbangkan bulu untuk membuat tongkat adalah Fawkes, burung magis milik Albus Dumbledore. Dia hanya memberikan dua bulu, satu untuk tongkat Harry Potter, dan satu untuk tongkat Tom Riddle

Inti ini adalah jenis paling langka. Bulu phoenix mampu meghasilkan sihir yang terbesar, meskipun mereka mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama daripada inti unicorn atau naga untuk mengungkapkan kekuatannya tersebut. Mereka menunjukkan inisiatif yang tinggi, kadang-kadang bertindak atas kemauan mereka sendiri, kualitas yang banyak penyihir  tidak sukai.

Tongkat dengan inti bulu phoenix sangat selektif dalam memilih pemiliknya, sama seperti sifat burung phoenix yang selalu bebas dan lepas di dunia. Tongkat ini adalah yang paling sulit untuk dijinakkan dan untuk kesetiaan kepada pemilik baru pun, tongkat ini sulit dimenangkan oleh pemilik baru.

Pemilik tongkat sihir yang diketahui memiliki inti bulu phoenix hanyalah Harry Potter dan Lord Voldemort.


Dan Khusus untuk The Elder Wand, ia memiliki inti dari bulu ekor thestral. 











PANJANG TONGKAT



Tongkat sihir adalah suatu alat penting yang digunakan oleh penyihir untuk menyalurkan kekuatan magis. Mantra Sebagian besar dilakukan dengan bantuan tongkat. Hal ini memungkinkan untuk melakukan sihir tanpa tongkat sihir, tapi sangat sulit dan dibutuhkan banyak konsentrasi dan keterampilan yang luar biasa. Hanya penyihir yang mahir yang dapat melakukan mantra tanpa menggunakan tongkat.


Para penyihir - terutama muggle yang bermain Pottermore - bisa membeli di toko yang menjual tongkat—dan tentunya disemua negara pasti mempunyai pembuat tongkat sihir. Di Inggris, para penyihir bisa membeli ditoko Ollivander. Mr Ollivander sendiri sudah berpengalaman dalam membuat tongkat sihir.

Catatan berikut bercerita mengenai panjang tongkat dan fleksibilitas yang diambil dari catatan  Mr Garrick Ollivander , pembuat tongkat.

Untuk simpelnya, banyak pembuat tongkat menyocokkan panjang tongkat dengan ukuran tinggi penyihir yang akan menggunakannya, padahal hal ini tidak mendasar, dan biasanya akan gagal dalam memperhitungkan kecocokan antara tongkat dengan tuannya. Dalam pengalaman saya, tongkat yang berukuran panjang mungkin sesuai penyihir lebih tinggi, tetapi mereka cenderung tertarik pada kepribadian yang lebih besar, dan orang-orang yang memiliki pemikiran luas dan memiliki sihir yang hebat. Tongkat yang rapi mendukung pengeluaran mantra yang lebih elegan dan halus. Panjang atau pendek sebuah tongkat tidak hanya dilihat dari 1 aspek, akan tetapi, kepribadian orang, jenis kayu, inti, fleksibilitas dapat mengimbangi atau meningkatkan panjang tongkat tersebut. 

Sebagian besar tongkat memiliki panjang antara sembilan sampai empat belas inci. Sementara saya pernah menjual tongkat yang sangat pendek (delapan inci kebawah) dan tongkat yang sangat panjang (lebih dari lima belas inci), kedua hal ini sangat langka. Dalam kasus terakhir, sebuah keganjilan fisik menuntut tongkat panjang yang berlebihan. Namun, tongkat pendek biasanya memilih orang-orang yang dalam karakternya ada sesuatu yang kurang, bukan karena mereka secara fisik berukuran kecil. (banyak penyihir pendek yang memiliki tongkat panjang) 

Fleksibilitas tongkat atau kekakuan menunjukkan tingkat adaptasi dan kemauan untuk berubah dimiliki oleh pasangan tongkat-dan-pemilik - meskipun, sekali lagi, faktor ini seharusnya tidak dianggap terpisah dari kayu tongkat, inti dan panjang, atau dari pengalaman hidup pemilik dan gaya sihir, semuanya akan bergabung untuk membuat sebuah tongkat menjadi unik (setiap penyihir memiliki jenis tongkat yang berbeda-beda).



Seperti catatan di atas, Tongkat sihir adalah unik, setiap penyihir memiliki tongkat yang berbeda-beda, seperti yang dikatakan Ollivander, "Tongkat sihir memilih tuannya sendiri". Selain itu, panjang pendeknya tongkat tergantung dari tinggi dan pendeknya si pemilik. Seperti contoh, Rubeus Hagrid yang mempunyai tinggi yang diluar batas karena merupakan keturunan raksasa memiliki tongkat sepanjang 16 inci (sekitar 40 centi),  Dolores Umbridge yang pendek yang memiliki tongkat yang ukurannya sangat pendek, juga Lucius malfoy, panjang tongkatnya mencapai 18 inci.

Tapi ke-proposinal antara tinggi penyihir dan tongkat ini hanya terjadi pada saat penyihir membeli tongkat, sebagai contoh, tongkat Draco Malfoy pendek, disebabkan karena Draco yang lebih pendek dari Harry saat itu, namun kemudian Draco akhirnya lebih tinggi dibanding Harry.

Panjang tongkat juga tampaknya memiliki arti simbolis. Sebagai contoh, tongkat Voldemort, penyihir hitam, yang berukuran 13 ½ inchi. Angka 13 umumnya merupakan pertanda kemalangan atau jahat di cerita rakyat dan agama dari berbagai budaya di seluruh dunia.



Fleksibilitas juga mempengaruhi dan melambangkan sosok pemiliknya, seperti Bellatrix Lestrange yang kelenturan tongkatnya "unyielding-keras hati" sama seperti dirinya yang keras hati dan tidak memiliki perasaan dan kasih sayang terhadap sesama manusia, Harry Potter "Nice and supple - baik dan lentur" sama seperti sosok Harry yang baik dan siap dalam segala situasi apapun (mudah beradaptasi). Beberapa contoh kelenturan tongkat sihir baik di novel maupun di Pottermore :

  • Surprisingly Swishy - Berdesing mengejutkan
  • Slightly Springy - Sedikit kenyal
  • Slightly Yielding - Sedikit lunak
  • Supple - Luwes
  • Unbending - Keras
  • Unyielding - keras
  • Quite Bendy - Cukup melengkung
  • Quite Flexible - Cukup fleksibel
  • Pliant - Lunak
  • Hard - Keras
  • Rigid - Kaku
  • Brittle - Rapuh
  • Reasonably Supple - Cukup luwes
  • Solid - Padat
  • dll

0 komentar:

Total Visitor




Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Followers

 
Copyright© 2012 My Document For Us | Template Blogger Designer by : Dedef' |
Template Name | A7x Transparent : Version 1.0 | Ms Lovegood